3 Juli 2013

New Job, New Experience

Banyak yang bilang kalau pengalaman adalah guru terbaik, karena berupa kejadian yang menimpa hidup setiap orang sehingga mampu menimbulkan sebuah motivasi dalam menyikapi hidup. Karena pengalaman memungkinkan kita sebagai manusia yang awalnya belum tahu sehingga menjadi tahu, maka pengalaman merujuk kepada pengetahuan. 

Saat ini, saya sedang mengerjakan sebuah pekerjaan yang diberikan langsung oleh dosen Statistika saya, Pak Kresna. Bersama tujuh orang lainnya, kami ditugaskan untuk melakukan 'Survei Persepsi Masyarakat terhadap Integritas Pemilu' di empat kelurahan yang berbeda. Karena sebelumnya telah dilakukan pengambilan sampel acak oleh sang dosen, maka terpilihlah Kelurahan Mamajang Dalam, Kelurahan Mandala, Kelurahan Jongaya, dan Kelurahan Balang Baru. Saya dan Ashar ditempatkan di Kelurahan Balang Baru, Kecamatan Tamalate. Kami dituntut untuk menemukan 25 responden dalam setiap kelurahan. Cara menemukan respondennya pun sungguh tidak mudah.

Dari hasil pendataan jumlah RW dalam satu kelurahan, akan terpilih RW apa saja yang harus kami kunjungi atas petunjuk dari tabel randomisasi RW. Setelah itu, kami harus mendata lagi berapa banyak jumlah RT dalam RW yang harus kami kunjungi tersebut, dan akan terpilih lagi RT apa saja yang harus kami kunjungi atas petunjuk dari tabel randomisasi RT. Selanjutnya, kami harus mendata lagi berapa banyak jumlah penduduk dari setiap RT yang kemudian akan digunakan rumus untuk menentukan interval nomor rumah warga dalam menemukan responden. 

Saat tiba di lapangan, saya dan Ashar benar-benar kelimpungan melihat penomoran rumah/RT/RW di kelurahan tersebut. Penomoran yang tidak berurutan dan tertata rapi membuat rumus penentuan individu kami pun lumayan aneh. Pembulatan ke atas, pembulatan ke bawah, rumus cadangan n+1, n-1, bahkan n+seadanya kami gunakan agar dapat menemukan responden dengan cepat. Yah, intinya kan random samplingnya telah terpenuhi huehehe. Semoga pelaksanaan wawancara ini berjalan lancar dan segera rampung, Amin..

uhuk!

2 komentar:

Tinta maple mengatakan... Balas

cieeeee semngaaat nuuu' (><)9

Nur Rahmah Makmur mengatakan... Balas

@Tinta maple: makasih, bebeb kalylaaa (><)9