17 Agustus 2012

PERAHU KERTAS


Siapa yang tidak kenal dengan Dewi Lestari (Dee) ? Dia adalah seorang penyanyi sekaligus penulis yang namanya dikenal luas sebagai novelis sejak menerbitkan novel Supernova pada tahun 2001. Kini, salah satu novelnya yang terbit pada tahun 2009 berjudul Perahu Kertas, diangkat menjadi sebuah film yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo.

Novel Perahu Kertas mulai saya baca sehari setelah menonton filmnya. Rasanya terdengar aneh, bukan ? Umumnya, orang-orang terlebih dahulu membaca sebuah novel lalu menonton film dari novel tersebut. Novel-novel yang telah saya baca sangat terbilang sedikit untuk ukuran seseorang yang gemar membaca. Saya hanya tahu judul-judul dan pengarangnya. Tapi, semuanya belum terlambat. Justru dengan terlebih dahulu menonton filmnya, saya bisa membayangkan setiap adegan dalam cerita novel tersebut begitu juga dengan wajah setiap tokohnya.

Perahu Kertas mengisahkan sebuah hubungan yang terjalin antara Kugy (Maudy Ayunda) dan Keenan (Adipati Dolken). Mereka berdua kuliah di Bandung. Kugy, mahasiswi Fakultas Sastra yang bercita-cita ingin menjadi penulis dongeng, sedangkan Keenan adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi yang mempunyai bakat melukis. Dua anak manusia ini dihadapkan pada hamparan misteri dan rintangan. Apakah dongeng dan lukisan mereka akan bertemu ? Apakah hati dan impian mereka juga akan bertemu ? 

Selama menonton film ini, saya tak henti-hentinya bertanya dengan semua yang kurang saya pahami kepada Lhya, teman saya yang sudah terlebih dahulu membaca novelnya. Melihat karakter dari Kugy yang manis, pengkhayal, kadang berantakan, ceria, dan tentunya percaya diri, saya sampai berkata "Pindah ke jurusan sastra nampaknya menyenangkan", kepada kedua teman yang duduk di sebelah saya. Mereka pun menjawab "ingat Matematika, cum (sapaan akrab saya)". Kemudian suasana menjadi hening.

trailer Perahu Kertas

Rasanya saya ingin sesegera mungkin menyelesaikan novelnya. Saya sudah tidak sabar merasakan sensasi tersendiri setelah membacanya. Apalagi, ternyata film Perahu Kertas ini masih berlanjut. Huaah, can't wait for the next part :3

Berhubung lagi ngepens-ngepensnya sama Kugy (Maudy Ayunda), jadi soundtrack Perahu Kertas yang dinyanyikan oleh dia sangat terdengar enak di telinga saya. Teman-teman yang ingin mendengar Kugy abal-abal  bisa mendengar soundcloud ini ...


Bagaimana? Apakah telinga teman-teman baik-baik saja? :))

6 komentar:

Abdul Maghfir Zakir mengatakan... Balas

coveringnya... horror.. ._.

Nur Rahmah Makmur mengatakan... Balas

seharusnya beruntung ko sudah dengarki ._.

Nur Fa'izah Hatta mengatakan... Balas

coveringnya yg menarik. huahhahahahahahahah

BlogS of Hariyanto mengatakan... Balas

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Taqobalallahu minna wa minkum wa ja'alanallahu minal aidin wal faizin
Semoga ALLAH menerima amalan-amalan yang telah aku dan kalian lakukan ,
dan semoga ALLAH menjadikan kita termasuk orang-orang yang kembali kepada fitrah dan mendapat kemenangan,
SELAMAT MERAYAKAN HARI RAYA KEMENANGAN IDUL FITRI,
mohon maaf lahir dan bathin,
salam hangat Makassar
Wassalam

Nur Rahmah Makmur mengatakan... Balas

icha : telingamu tidak kenapa-napa kan, cha? -___-

Hariyanto : Minal Aidin jugaa :')

dhilooo mengatakan... Balas

kmarin baru mau nntn ehh habis mi -__-