9 Juli 2013

Padahal Sudah Ramadhan


Di bulan yang penuh berkah ini, dimana sepatutnya kita sebagai makhluk-Nya menjauhi noda dan dosa serta saling bermaafan antar sesama, ternyata masih ada yang secara terang-terangan bergunjing bahkan memfitnah. Saya tidak mengerti apa yang menjadi alasan mereka sampai tega mengolok-olok seseorang yang, maaf, menjalin hubungan akrab sebelumnya saja tidak. Hati yang telah dipenuhi dengan perasaan dengki memang akan membiarkan seluruh inderanya untuk terlena berbuat keusilan. 

Memaafkan sungguh tidak mudah. Dan harus saya akui, saya begitu sulit mengucapkan kata maaf, apalagi untuk melupakan. Sebelumnya saya sudah sangat cukup memaklumi dengan kebiasaan mereka yang gemar menuturkan kata-kata tidak sedap mengenai orang lain. Tapi, ketika saya yang akhirnya menjadi sasaran berikutnya, saya yang tak tahu-menahu mengenai apa yang kini menjadi pembahasan mereka, sungguh saya merasa sangat dirugikan. 

Sesungguhnya telah dijelaskan di dalam Al-Qur'an,

"Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan dari prasangka. Sesungguhnya sebagian dari prasangka itu adalah dosa, dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain, dan janganlah sebagian kamu menggunjing sebagian yang lain. Adakah seorang diantara kamu memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang." - (Q.S. Al-Hujurat: 12)

1 komentar:

Azure Azalea mengatakan... Balas

Kenapaki, Dek? Siapa? :'(