3 Januari 2015

Ada Apa di Tahun Ini?

Tibalah masa di mana saya akhirnya berhadapan dengan salah satu fase wajib yang dialami seluruh mahasiswa Indonesia, yakni skripsi. Yap, sejak Desember kemarin, saya sudah terbebas dari segala bentuk perkuliahan dan kesibukan selama menjadi asisten lab. Meskipun IPK saya nilainya pas-pasan, saya kekeuh tidak akan mencoba untuk memperbaiki beberapa mata kuliah. Satu-satunya mata kuliah yang saya ulangi yaitu Statistika Matematika, yang awalnya D menjadi B-, huft.

Untuk menghadapi seminar skripsi/tesis di jurusan saya, kita diwajibkan untuk mengikuti Ujian Komprehensif dari lima bidang/lab; Aljabar, Analisis, Komputasi, Terapan, dan Statistik. Kelima lab ini masing-masing memiliki dosen penguji yang nantinya akan mengevaluasi sejauh mana materi yang telah dikuasai. Sampai saat ini, saya baru melulusi tiga lab dari semuanya, ckck. Trus kenapa berani bahas skripsi, Nuu?

Sekadar kalian tahu, saya memang tipikal orang yang terkadang melakukan sesuatu dengan sangat tidak beraturan. Pada saat pengumpulan KRS saja, yang lebih dahulu menandatangani KRS saya adalah dosen PA saya daripada saya sendiri. Iya, kebangetan kan? Nah, begitu juga dengan masalah skripsi. Dari jauh-jauh hari sebelum melulusi beberapa ujian kompre, saya sudah menemukan pembimbing skripsi-disertai-dengan-kebaikan-hati yang memberikan saya beberapa jurnal untuk penentuan judul. Meskipun begitu, saya masih saja mengalami kendala dalam pemilihan konsentrasi. 


Gambar di atas adalah beberapa target yang saya tempel di dinding kamar guna memotivasi saya setiap melihatnya. Namun, pemilihan materi dari skripsi yang sudah saya rencanakan sepertinya akan berubah. Dosen pembimbing yang sebelumnya saya ceritakan di atas memberikan saya materi yang lebih rumit.

“Seniormu sudah banyak yang ambil Aljabar,” katanya.
“Jadi, Pak?”
“Ambil Koding saja, ya. Nanti saya ajar.”

Dan inilah saya si mahasiswi paling sok jagoan sejagad raya, berani mengambil materi Teori Koding untuk skripsi, yang mata kuliahnya saja saya belum ambil :’(
                    
                                                                             ***

Sebagai mahasiswa semester akhir, saya tidak akan menuliskan resolusi atau daftar pencapaian yang harus terlaksana di tahun ini. Cukup dengan menyebutnya harapan, mungkin terdengar lebih ringan untuk seseorang yang otaknya pas-pasan seperti saya, hiks. Semoga dua lab yang tersisa dari ujian kompre dapat saya lalui dengan cepat, dan pengerjaan skripsi-yang-belum-jelas-ini dimudahkan serta dilancarkan.


Anyway, selamat menyambut tahun 2015, kalian! dan selamat menjadi calon wisudawan 2015 untuk saya! Aamiin..

2 komentar:

Hidayatullah Wirasandha mengatakan... Balas

Bismillah
Kalau mengenai koding, skripsi Kak Sadno membahas mengenai koding, bahkan dibuatkan programnya. Adanya juga bukunya. Kalau mau nanti saya hubungi kak Sadno. Tidak tahu juga bisa dipinjam atau tidak. Setidaknya ada usaha

anna mengatakan... Balas

semangat ya kak. fighting \=D/ oiya, follback blog saya dong kak http://anna-apb.blogspot.com/