11 Maret 2013

Mathematics Event XIII

Mathematics Event merupakan lomba Matematika terbesar di Indonesia Timur yang setiap tahun dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Matematika (Himatika) Universitas Hasanuddin. Pada tahun 2007 dan 2008, ketika saya masih mengenakan seragam SMP, saya berpartisipasi dalam lomba ini. Dua tahun berturut-turut saya gagal pada babak semifinal. Memang benar, Matematika bukan hanya sekedar pandai berhitung seperti yang kita pelajari pada bangku sekolah. Namun, Matematika lebih mengarah pada teorema-teorema yang pembuktiannya mengandalkan logika. Pak Haris, guru Matematika yang juga membimbing murid-murid kelas Olimpiade Matematika pada waktu itu, tidak perlu berkecil hati karena melihat saya gugur bersama teman yang lain. Kak Hijrah berhasil membawa piala Juara I dan piala bergilir untuk sekolah kami, SMP Negeri 8 Makassar. 

Mathematics Event tahun 2008. di sekitar Baruga Pettarani. bersama Zhafirah dan Dewi.

Dari seluruh tahapan pada lomba ini, saya sangaaat terkesan dan takjub pada babak penyisihan. Ketika murid SD, SMP, dan SMA berkumpul di Baruga Pettarani Unhas. Setelah itu, soal dibagikan. Aba-aba dimulai, dan secara bersamaan terdengar suara kertas soal dibalik lalu hening. Semuanya konsentrasi mengerjakan soal dalam waktu 45 menit. Ah... tiba-tiba jadi rindu.

 


Setelah menjadi mahasiswa dan bergabung di Himatika, saya baru tahu kalau Mathematics Event ini adalah Mathematics Event yang pernah saya ikuti. Pada tahun pertama, saya dan teman seangkatan hanya menjadi panitia bayangan. Tugas saya pun tidak begitu sulit. Cukup mengawasi peserta saat mengerjakan soal, memeriksa jawaban peserta, dan menemani peserta di ruang karantina. 


peserta ter-imut tahun lalu

Waktu terus berjalan. Mathematics Event kembali terselenggarakan. Beberapa peserta yang dulunya gagal, kembali hadir dan berkompetisi. Ada juga yang dulunya gagal, sekarang malah menjadi panitia. Mungkin saja, saya adalah bagian dari orang-orang yang mengatakan Matematika itu sulit dan rumit. Namun, saya tidak bisa memungkiri kalau Matematika sangat menggemaskan dan membuat ketagihan. 

Ainun - Nunuu

PJ operator _-_

pemenang Mathematics Event XIII

Semangat. Sampai bertemu di Mathematics Event XIV. Lalalaaa Yeyeyeeee...

4 komentar:

cliffnun mengatakan... Balas

asiikk ada muka ku..

Nur Rahmah Makmur mengatakan... Balas

@cliffnun: bayaaar :p

Muhammad Ansar mengatakan... Balas

astaga nunu, alay sekali fotomu itu yang tahun 2008..-_-

Nur Rahmah Makmur mengatakan... Balas

@Muhammad Ansar: Maklumlah Ansar, fotonya diambil pada tahun 2008 -..-